Berita Nasional Hukum

Jual Shabu ke Polisi, Kumar Dituntut Tujuh Tahun Penjara

PN Medan

Medan – Alih alih ingin mendapatkan untung malah terkurung dalam jeruji besi, demikian nasib sial pengedar sekaligus penjual napza ilegal bernama Gde Surya Karna alias Kumar (47) ini.

Dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Medan pada Kamis (17/1), Kumar dituntut hukuman penjara selama tujuh tahun. Jaksa Penuntut Umum Emy Suryati Lubis meminta terdakwa juga membayar denda sebesar Rp.1 Milyar atau subsider enam bulan kurungan karena melanggar pasal 114 ayat 2 Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Usai dibacakan tuntutan terhadap dirinya, terdakwa menjerit dan menangis meminta agar JPU dan Majelis Hakim meringankan hukuman atas dirinya.

Sebelumnya, Kumar ditangkap di salahsatu restoran cepat saji di kawasan Simpang Jalan Listrik Medan pada 13 Juni 2012 sekitar pukul 20.00 WIB. Ia ditangkap setelah menjual shabu-shabu seberat 30 gram dengan harga Rp.1 juta per gram-nya kepada seseorang.

Tergiur mendapatkan uang banyak dalam waktu singkat ini membuat Kumar tidak waspada bahwa orang yang memesan shabu-shabu miliknya tersebut adalah anggota Ditres Narkoba Polda Sumut yang sedang menyamar.

Alhasil serbuk kristal yang dikemas dalam bungkus rokok Sampoerna pun menjadi barang bukti yang menjerat dirinya. Hasil pemeriksaan di Labkrim Polda Sumut diketahui berat bersih shabu-shabu itu sekitar 29,8 gram dan murni mengandung narkotika.

Persidangan atas Kumar akan dilanjutkan pekan depan. Kita akan lihat apakah majelis hakim Pengadilan Negeri Medan akan meringankan hukuman ssesuai permintaan terdakwa atau tidak.(G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *