Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Jerman Legalkan Ganja Medis

Berlin, NapzaIndonesia.com –  Parlemen Jerman telah meloloskan rancangan undang-undang yang akan mengizinkan pasien memperoleh peresepan ganja medis. Isu ganja medis ini telah lama menjadi topik diskusi hangat di Jerman.

Partai-partai oposisi seperti The Greens dan The Left telah lama berjuang mewujudkan legalisasi ganja medis. Pada Kamis (19/1) rancangan undang-undang ini disahkan. Undang-undang baru tentang ganja medis ini akan berlaku mulai Maret 2017.

Menteri Kesehatan Jerman, Hermann Groehe menekankan bahwa langkah ini bukan berarti bahwa ganja non-medis akan dilegalkan. Groehe menyatakan:”Orang dengan kondisi sakit parah harus mendapatkan perawatan terbaik” dan  salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memberi jalan pada sistem kesehatan publik mendanai peresepan ganja medis bagi pasien “bila mereka tidak dapat ditolong secara efektif dengan cara lain.”

Hingga kini, pasien di Jerman harus mencari otorisasi khusus untuk mendapatkan peresepan ganja medis dan ada sekitar 1.000 pasien yang melakukan hal ini. Pemerintah Jerman akan mengimpor ganja yang dibutuhkan pasien sebelum program kultivasi ganja di dalam negeri diberlakukan.

Para dokter  mengungkap ganja dapat membantu pasien kanker mengatasi rasa mual selama menjalani kemoterapi, serta memerangi minimnya selera makan dan penurunan berat badan yang dialami pasien. Ganja juga dapat mengurangi gejala Multiple Sclerosis.

Pembiayaan ganja medis akan ditanggung oleh asuransi kesehatan, khusus bagi pasien yang tidak memilliki pilihan pengobatan yang cocok selain ganja. (The Associated Press/Yvonne Sibuea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *