Berita Daerah Tembakau & Rokok

Jelang Lebaran dan Panen Raya, Petani Tembakau Butuh Pinjaman Modal

Temanggung – Mendekati masa lebaran dan panen raya, petani tembakau di wilayah Temanggung yang melakukan peminjaman sejumlah bank setempat mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan oleh Titik Setyawati, Direktur PD Bank Pasar Temanggung.

“Peminjam dana sebagian adalah pedagang dan petani yang membutuhkan peminjaman modal usaha menjelang lebaran dan panen raya tembakau,” ujar Titik seperti diberitakan Warta Jateng, Senin (30/7).

Tumbuhnya jumlah pinjaman ini dipicu oleh meningkatnya harga berbagai kebutuhan saat ini yang tidak terkendali. Menurut Titik, petani tembakau membutuhkan modal tanam, pembelian pupuk dan pengolahan tembakau yang membutuhkan dana tidak sedikit.

“Pada masa panen tembakau, kebutuhan finansial lebih dari 80 persen warga Temanggung meningkat,” imbuhnya.

Penyataan senada disampaikan oleh Hery Setyawan, Manager Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Anugerah Temanggung. Menurut Hery, permintaan pinjaman terbesar datang dari masyarakat yang bertani tembakau.

“Bertambah luasnya lahan tanam tembakau tahun lalu ikut menjadi andil kenaikan jumlah pinjaman petani. Petani yang sebelumnya belum menanam tembakau dan baru mulai tahun ini, mereka butuh dana yang besar,” ujarnya.

Hery menambahkan bahwa pada masa merajang tembakau, petani membutuhkan dana untuk membeli alat dan membayar pekerja. Hal ini berlangsung hingga tahap penjemuran tembakau yang membutuhkan dana tidak sedikit.

“Sepanjang kriteria dan syarat peminjaman terpenuhi, kami siap membantu petani yang membutuhkan dana,” tutupnya. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *