Berita Internasional

Jamaika Serbu Kubu Gembong Narkoba

Jamaika Dudu_150_100Kingston – Pasukan keamanan Jamaika dikabarkan telah melancarkan serangan di basis tersangka gembong Christopher “Dudus” Coke di Kingston.

Baku tembakan gencar terjadi ketika aparat bersenjata masuk ke Distrik Tivoli Gardens dan dilaporkan sejumlah korban dilaporkan jatuh.

Dalam aksi baku tembak tersebut, pendukung Coke berupaya keras untuk menghentikan proses ekstradisi dirinya ke Amerika Serikat atas dakwaan penyelundupan narkoba dan senjata.

Seperti yang dilaporkan BBC, sedikitnya dua petugas keamanan tewas dan kerusuhan dan enam orang lain terluka dalam  peristiwa tersebut. Bahkan ada beberapa mayat terlihat bergelimpangan di jalan dalam operasi terbaru.

The Jamaican Observer melaporkan sedikitnya dua tentara terkena tembakan dan dilarikan ke rumah sakit.

Tindak kekerasan juga mewarnai di belahan lain Kingston dan hal ini memunculkan kekhawatiran bahwa kerusuhan akan menyebar.

Keadaan darurat diberlakukan di beberapa bagian Kingston pada Jumat (21/5) setelah beberapa kantor polisi diserang. Serangan itu tampaknya terkait dengan rencana untuk menangkap Coke.

Operasi mulai berlangsung menjelang Senin (24/5) siang waktu setempat. Terlihat banyak tentara dikerahkan ke kawasan miskin Tivoli Gardens di bagian barat Kingston. Kepulan asap bisa terlihat membubung dari kawasan tersebut, sementara helikopter polisi terbang berputar-putar di atas.

Menteri Keamanan Dwight Nelson mengatakan tentara dalam operasi gabungan dengan polisi berhasil menerobos barikade di sekeliling Tivoli Gardens dan tengah melakukan penggeledahan dari rumah ke rumah untuk menemukan Coke. (BBC)