Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Jaksa King County Batalkan Penuntutan 175 Kasus Kepemilikan Ganja

Seattle – Jaksa King County, Dan Satterberg telah membatalkan semua kasus tindak pidana ringan kepemilikan ganja yang masih dalam proses penyidikan di wilayah terluas di negara bagian Washington ini.

Menindaklanjuti kemenangan jajak pendapat Initiative 502 yang memenangkan kebijakan legalisasi ganja di negara bagian Washington. Satterberg mengungkapkan,tidak ada gunanya lagi meneruskan pemidanaan 175 orang yang saat ini masih menghadapi tuntutan karena kepemilikan ganja.

Kemenangan Initiative 502 memungkinkan diberlakukannya legalitas kepemilikan ganja sampai dengan 28,3 gram di negara bagian Washington. Dalam waktu dekat akan ditetapkan UU untuk mengatur penanaman dan penjualan ganja, yang selama ini ilegal, kecuali keperluan industri ganja medis.

Initiative 502 secara resmi akan berlaku 6 Desember 2012, tetapi Satterberg mengatakan, tak ada alasan untuk menunda pembatalan semua tuntutan kepemilikan ganja pada 175 orang tersebut.

Mengikuti keputusan Jaksa King County, Sheriff King County Steve Strachan memerintahkan para deputi untuk tidak lagi menahan atau menuntut individu yang tertangkap tangan memiliki ganja kurang dari 28,3 gram.

“Kantor Kejaksaan County memutuskan tidak akan menuntut individu atas kepemilikan dalam jumlah kecil, maka kami juga tidak akan melakukan hal yang sama sambil menungu diberlakukannya UU negara bagian Washington pasca 6 Desember 2012,” tegas Strachan.

Departemen Kehakiman AS belum mempertimbangkan tentang pemberlakuan kebijakan legalisasi ganja di Washington. Beberapa ahli berpendapat, pemerintah federal AS dapat menuntut negara bagian Washington karena melegalkan ganja, tetapi lebih banyak pihak yang menyatakan Departemen Kehakiman tidak dapat memaksa negara bagian untuk tetap mengkriminalkan kepemilikan ganja. (seatpi/YS)