Berita Internasional Kebijakan Global

Iran Menggantung 12 Penyelundup Narkoba

Penyelundup narkoba tertangkap di Iran

Teheran – Iran telah mengeksekusi delapan penyelundup obat bius dan empat penculik dalam sepekan terakhir. Sabtu (2/1) para penyelundup itu dieksekusi di kota Qom di Iran tengah dan salah satunya adalah Mostafa Barzegar Ganji, kata pejabat pengadilan Qom pada kantor berita resmi IRNA.

Tidak hanya itu saja, 16 pedagang gelap narkotika yang lain juga sedang menunggu digantung di tempat yang sama.

“Mereka akan segera digantung jika pemerintah tidak memaafkan mereka,” ujar pejabat yang tidak disebutkan namanya itu.

Sementara kantor berita setengah resmi, Fars, mengatakan bahwa para penculik dihukum mati pada Sabtu (1/1) di penjara Zahedan di Provinsi Sistan-Baluchistan di perbatasan yang bergolak.

“Orang-orang itu telah menculik warga-warga yang tak bersalah, dan setelah menerima uang tebusan dari keluarga mereka yang diculik dan mereka masih membunuh beberapa korban mereka,” kata penuntut provinsi Ebrahim Hamidi seperti dikutip oleh Fars.

Iran adalah rute transit penting bagi narkotika yang diselundupkan dari tetangganya Afghanistan, yang menghasilkan lebih dari 90 persen dari pasokan candu dunia. Lebih dari 3.500 personil keamanan Iran tewas saat memerangi para penyelundup obat bius sejak revolusi Islam 1979 di Iran.(Ant)