Berita Internasional Kebijakan Global

Iran Gantung Pengedar Narkotika

Republik Islam Iran

Teheran – Iran, Minggu (11/9), menggantung pengedar narkotika di penjara di kota bagian barat laut, Meshkinshahr, kata laporan kantor berita ISNA. Laporan itu tidak mengidentifikasi identitas terpidana yang dieksekusi.

Eksekusi terbaru itu menjadikan jumlah eksekusi yang telah dilakukan di Iran menjadi 187 dalam tahun ini, menurut hitungan AFP yang berdasarkan atas laporan resmi dan media.

Media Iran melaporkan bahwa tahun lalu ada 179 eksekusi namun kelompok hak asasi manusia internasional menyebutkan jika jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi, menempatkan Republik Islam itu diperingkat kedua setelah China terkait dengan jumlah terpidana yang dieksekusi pada 2010.

Teheran menilai hukuman mati adalah penting untuk memelihara penegakan hukum dan ketertiban, dan hal itu diterapkan hanya setelah proses peradilan yang melelahkan.

Pembunuhan, pemerkosaan, perampokan bersenjata, perdagangan narkoba dan perzinahan adalah contoh dari tindak kejahatan yang memperoleh hukuman mati di Iran.(Ant/Afp/YS/G)