Berita Internasional Kebijakan Global

Iran Gantung Empat Penyelundup Narkoba

Petugas Keamanan Iran

Teheran – Pemerintah Iran telah menggantung empat narapidana penyelundup obat bius pada Sabtu (8/1), di sebuah penjara di kota Isfahan di Iran tengah.

Jaksa Penuntut Umum, Mohammad Reza Habibi mengatakan pria-pria tak dikenal itu digantung karena menyelundupkan candu dan “crack”, istilah yang digunakan di Iran untuk semacam heroin dan bukan untuk kokain.

Kantor berita ISNA melaporkan. Eksekusi terhadap para terpidana ini menambah jumlah orang yang dieksekusi akibat terlibat kasus narkoba menjadi 20 orang dalam tahun ini.

Berdasarkan catatan, pada 2010 lalu terdapat sebanyak 179 orang yang telah dieksekusi mati. Sebagian besar dari mereka adalah pedagang obat bius. Angka ini
telah menempatkan Iran sebagai negara dengan jumlah eksekusi tertinggi setiap tahunnya bersama-sama dengan China, Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Pembunuhan, perkosaan, perampokan bersenjata, perdagangan narkoba dan perzinahan merupakan kejahatan lainnya yang dapat dihukum dengan hukuman mati di Iran.

Republik Islam itu mengatakan hukuman mati adalah penting untuk mempertahankan hukum dan ketertiban dan dilaksanakan hanya setelah proses pengadilan yang mendalam.(Ant)