Berita Nasional Hukum Kebijakan Nasional Kegiatan

Insan Pers Dukung BNN Keluarkan UU Narkotika dari UU KUHP

Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) ingin mengeluarkan Undang Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dari Rancangan UU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Ahli Komunikasi BNN, sekaligus Pemimpin Redaksi Suara Pembaruan dan Beritasatu.com, Primus Dorimulu menyampaikan dukungannya atas keinginan BNN tersebut.

“Ini ada amandemen KUHP dan UU Narkotika. Karena pekerjaan DPR banyak, sebenarnya UU Narkotika sudah bagus dan sudah cukup menjadi landasan hukum untuk BNN. Kami dari pers mendukung itu,” ujarnya dalam diskusi panel kelompok ahli BNN bertema Kejahatan Narkotika Merupakan Kejahatan Luar Biasa di Gedung Dewan Pers, Rabu (11/11).

Ia mengatakan, regulasi seharusnya bisa lebih ringan. Oleh karena itu, harus ada kesepakatan dengan para elite yang merancang UU tersebut. Kendati, menurutnya, yang paling sulit dalam hal ini adalah demand reduction dengan tesis mengurangi demand supply.

“Paling susah mengurangi demand adalah preventif, preventif-nya berupa pendidikan formal dan media massa. Preventif dijalankan tapi lebih banyak memperhatikan represif dan langsung penindakan,” katanya.

Primus juga menyarankan, supaya para anggota dewan harus diberi bekal cukup mengingat pembuatan UU ini terkadang tidak sesuai sehingga sering kali disebut UU masuk angin.

“Lebih baik lakukan Forum Group Disscussion (FGD) dengan ahli sehingga kami (pers) bisa mengawal mereka,” pungkasnya.(Suara Pembaruan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *