Berita Nasional Peristiwa

Industri Tembakau: Pangkas atau Perluas?

tembakauJakarta – Tahun ini, pemerintah untuk pertama kalinya menyusun peraturan dengan landasan UU Kesehatan yang menyebut tembakau sebagai zat adiktif. Konflik timbul ditengahnya: apakah industri tembakau harus dipangkas atau dibesarkan?

BBC Siaran Indonesia menyiapkan laporan khusus ini untuk mendengar berbagai pihak menyuarakan kepentingan mereka terkait industri tembakau nasional.

Beberapa kota dengan konsentrasi industri tembakau, Temanggung, Kudus dan Kediri, menjadi tujuan utama liputan. Di sana kami menemui petani, pengurus asosiasi petani, pemilik pabrik, buruh pabrik, dan pihak-pihak lain yang hidpnya bergantung dari hidup-mati industri tembakau.

Di salah satu kota ini misalnya, seorang kakek berusia 85 tahun meramalkan akan terjadi kegegeran, bila tembakau tak bebas lagi ditanam petani.

Sementara di kota seperti Jogjakarta dan Padang Panjang di Sumatera Barat, kami melihat langsung bagaimana pemerintah daerah mencoba menerapkan aturan lokal untuk mengurangi dampak rokok. Padang Panjang adalah kota pertama di Indonesia yang tidak membolehkan ada iklan rokok di wilayahnya.

Sementara di ibukota, kami temui pejabat pusat dan wakil kalangan pegiat dan industri, yang bersilang pendapat tentang bagaimana berikutnya industri rokok harus diatur.

Laporan dalam lima bagian ini membedah industri tembakau dari aspek ekonomi, dampak negatif, sponsor dan iklan, legislasi dan kemungkinan menemukan kompromi kontroversi legislasi tembakau.

Tembakau, industri bernilai ratusan triliun

Sumbangan tembakau pada APBN tahun ini ditargetkan mencapai Rp 58 triliun. Dari pekerja sektor pertanian, buruh, pemilik usaha dan jaringan penjualannya, industri tembakau menjadi gantungan hidup jutaan orang. Siapa mereka dan bagaimana industri ini berarti, diuraikan dalam seri pertama ini.

Rokok yang mematikan

Tiap tahun 200-250 ribu jiwa di Indonesia tewas akibat akibat konsumsi rokok, menurut badan kesehatan dunia PBB. Di Indonesia, laju perokok tertinggi justru muncul di kalangan anak dan remaja, yang kini menempati urutan perokok muda terbesar di dunia. Apa bahaya rokok dan bagaimana negara menghadapi hal ini, dituliskan dalam seri dua ini.

Dilema sponsor rokok

Selama puluhan tahun tumbuh di Indonesia, tembakau berhasil tumbuh sebagai industri yang dikenal aktif menjadi penyandang dana kegiatan hiburan dan olahraga.

Versi Radio

Anda bisa simak serial laporan khusus ini di gelombang BBC Siaran Indonesia dalam sajian Dunia Pagi ini pukul 0500 WIB, setiap hari mulai Selasa hingga Senin (25-31/05/2010)

Beberapa gelar juara terpenting di Indonesia, disumbang dari kegiatan yang disponsori tembakau.

Bagaimana ini terjadi dan apa konsekuensinya bila rokok tak lagi boleh masuk gelanggang olahraga dan hiburan? Liputannya dalam seri tiga ekonomi tembakau.

Sengitnya legislasi tembakau

Setelah UU Kesehatan disahkan tahun lalu, pemerintah dituntut segera membuat aturan baru terkait tembakau yang oleh UU disebut sebagai ‘zat adiktif’. Aturan seperti apa yang ditolak dan diinginkan serta bagaimana sikap pihak berkepentingan, ditulis dalam seri empat ini.

Mencari kompromi legislasi tembakau

Ditengah konflik yang makin hangat antara kelompok industri dan pegiat anti tembakau, pemerintah dan parlemen harus mencari titik temu untuk menyusun peraturan yang mengusung kepentingan banyak pihak. Mungkinkah ini dilakukan dan apa kompromi yang bisa terjadi? Dijawab dalam bagian terakhir seri ini.(BBC)