Berita Internasional Kebijakan

Indonesia Tunggu AS Laksanakan Putusan WTO Tentang Rokok Kretek

Peringatan Bahaya Rokok

Jakarta – Terkait sengketa Indonesia-Amerika Serikat (AS) penjualan dan produksi rokok kretek, pemerintah Indonesia menunggu pemerintah AS untuk melaksanakan keputusan Badan Banding Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO).

Menurut Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo seperti diberitakan Antara pada Kamis (5/4), apabila pemerintah AS tidak segera melaksanakan rekomendasi tersebut maka pemerintah Indonesia dapat meminta konsultasi bilateral.

Apabila permintaan konsultasi tidak ditanggapi, maka Indonesia dapat melakukan retaliasi silang atau cross retaliation, yakni mengenakan pembatasan atau pelarangan penjualan produk AS di Indonesia senilai kerugian akibat pelarangan penjualan rokok beraroma asal Indonesia di AS.

Keterangan Iman ini menanggapi laporan yang dikeluarkan WTO tentang putusan panel kemenangan Indonesia dalam sengketa produksi dan perdagangan rokok kretek Indonesia di AS.

Panel WTO menilai pada bagian tertentu, AS tidak konsisten dengan pasal dalam perjanjian Technical Barriers to Trade (TBT) karena berimplikasi pada pelarangan impor rokok kretek Indonesia tapi tidak melarang produksi dan penjualan rokok menthol sebagai produk yang sejenis.

“Nilainya sekitar 200 juta dolar AS, tapi saya harus cek ulang angka pastinya,” ujar Iman. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *