Berita Nasional Kegiatan

Inang Winarso: Petugas Puskesmas Harus Siap Layani Pecandu NAPZA Stimulan

Inang Winarso

Bogor – Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan memfasilitasi Pelatihan Pengurangan Dampak Buruk  NAPZA Komprehensif dan Adiksi.

Pelatihan ini akan berlangsung selama lima hari, dimulai pada Selasa (26/4) sampai dengan Sabtu (30/4) mendatang.

Pelatihan diselenggarakan di Hotel The Poencer, Cisarua, Puncak, Jawa Barat. Tim fasilitator terdiri dari para ahli adiksi yang ditunjuk Kementerian Kesehatan diketuai oleh Dra. Riza Sarasvita, Msi, MHS, PhD.

“Pelatihan ini diadakan untuk menjawab kebutuhan petugas kesehatan mengenai pengetahuan adiksi. KPAN menyadari adanya perubahan tren penggunaan NAPZA  dari opiat yang merupakan depresan ke zat stimulan,” ujar Inang Winarso Asisten Deputi Sekretaris KPAN saat membuka acara.

Inang menambahkan, pelatihan adiksi ini merupakan bekal petugas kesehatan di lingkungan Puskesmas setelah disahkannya Peraturan Pemerintah tentang Wajib Lapor bagi Pengguna NAPZA oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu.

“Keberhasilan yang dicapai dalam penanganan penularan HIV di kalangan pengguna NAPZA suntik sebaiknya ditingkatkan dengan pengetahuan mengenai konseling adiksi. Di masa mendatang mungkin saja pengguna NAPZA yang datang ke Puskesmas bukan untuk mengakses jarum karena bukan pengguna opiat,” jelas Inang pada NapzaIndonesia.com. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *