Kebijakan Global

HIV/AIDS di Rusia Semakin Tidak Terkendali

bend rusiaMoskow – Seorang pakar HIV/AIDS internasional terkemuka mengatakan kepada BBC epidemi di Rusia kini berkembang tak terkendali.

Ketua komunitas AIDS internasional, Robin Gorna juga meminta pemerintah Rusia agar berbuat lebih banyak untuk mencegah penyebaran AIDS di kalangan sekitar 2 juta pecandu narkoba di negara tersebut.

Seruan ini dikeluarkan menjelang konferensi internasional mengenai AIDS di Moskow.

Sedikitnya satu juta jiwa warga terjangkit HIV di Rusia. Taksiran ini menunjukkan kenaikan tajam terjadi dalam satu dasawarsa ini.

Sebagian besar orang yang tertular adalah warga usia di bawah 30 tahun.

Kebanyakan dari mereka tertular, sebab mereka berbagai jarum suntik untuk konsumsi narkoba.

Menurut beberapa taksiran, ada sekitar dua juta pengguna narkoba dengan jarum suntik, sementara banyak heroin mengalir dari Afghanistan ke Rusia.

Dalam konferensi di Moskow, para pakar dari berbagai negara mencoba membujuk pemerintah Rusia untuk membatalkan undang-undang yang mereka katakan menghambat upaya menurunkan laju infeksi HIV.

Memberi pecandu narkoba obat alternatif seperti methadon sebagai pengganti heroin suntik adalah perbuatan ilegal di Rusia. Pemerintah Rusia juga tidak mendanai program penukaran jarum suntik untuk pecandu.

Kekhawatiran muncul,sebab kini saat ini, donor internasional menanggung biaya program pencegahan HIV/AIDS di Rusia.

Namun, mereka harus menghentikan pendanaan, sebab Rusia kini dipandang termasuk negara dalam kelas pendapatan menengah sedang, dan tidak ingin menerima bantuan keuangan dari luar negeri.(BBC/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *