Berita Berita Nasional Peristiwa

Hindari Penyebaran HIV, Pasangan Pra Nikah Perlu Tes Sukarela

Semarang – Salah seorang pasien RSUP dr. Kariadi Semarang, Kamis (31/3) baru saja melakukan test suka rela HIV (VCT). Ternyata dari hasil laboratorium,  lelaki paruh baya berusia 46 tahun yang sebut saja bernama Johan, positif terinfeksi HIV.

Johan tidak mengetahui bahwa sang istri yang belum lama dinikahinya juga sudah terinfeksi virus yang sama.

Awalnya sang istri  justru terinfeksi dari suami pertamanya, yang adalah seorang pengguna heroin (putaw) yang disuntikkan.  Tetapi suami pertama sang istri telah meninggal, ungkap Johan kepada NapzaIndonesia.com.

Menurut  Johan,  dia tidak  mengetahui sama sekali bahwa isterinya seorang yang hidup dengan HIV.  Johan baru sadar setelah sang isteri yang belum lama ini dirawat di RSUD Pemalang meninggal karena infeksi Tuberkulosis yang berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuhnya.

Setelah  istri Johan meninggal, Johan dirujuk ke RSUP dr. Kariadi Semarang. Johan langsung dibawa ke klinik VCT, dan ternyata diketahui positif HIV. Johan akan menjalani pemeriksaan selanjutnya untuk menentukan apakah ia memerlukan pengobatan ARV dalam waktu dekat.

Kasus yang dialami Johan menunjukkan pentingnya tes HIV secara dini pada pasangan pra nikah dan kesadaran masing-masing individu untuk mengetahui status HIV sesegera mungkin. (AM/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *