Berita Internasional Kebijakan Mancanegara Peristiwa

Hillary ke Meksiko Bahas Perangi Narkotika

Washington – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton, akan memimpin delegasi AS ke Meksiko pada 23 Maret guna membahas upaya memerangi perdagangan narkotika, 10 hari setelah tiga orang yang terkait dengan konsulat AS tewas di kota perbatasan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, P.J. Crowley, mengatakan bahwa Hillary akan didampingi oleh Menteri Pertahanan Robert Gates, Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano dan Direktur Intelijen Nasional Dennis Blair serta petugas keamanan nasional senior lain.

Mereka akan melakukan pertemuan untuk membahas Inisiatif Merida AS, sebuah rencana untuk memberi Meksiko 1,4 miliar dolar AS untuk membantu memerangi para pedagang narkotika kuat di negara itu. Crowley mengatakan bahwa pertemuan itu telah disiapkan selama beberapa bulan.

Dua orang warga negara AS dan seorang warga negara Meksiko yang dikaitkan dengan konsulat AS di Ciudad Juarez, yang berada di seberang perbatasan dari El Paso, Texas, tewas pada Sabtu. Pembunuhan itu merupakan bagian dari aksi kekerasan yang terkait dengan perdagangan obat terlarang di sepanjang perbatasan AS-Meksiko. (Ant)