Berita Nasional Hukum Peristiwa

Heroin Senilai 1 Milyar Diselundupkan Lewat Vagina

heroin

Bandung – Seorang wanita berinisial RN (31) asal Jawa Timur, ditangkap jajaran Direktorat Narkoba Polda Jawa Barat dan petugas Bea Cukai di Bandara Husein Sastranegara Bandung pada Kamis (16/6) lalu karena kedapatan membawa heroin seberat 435 gram.

“Heroin senilai 1 miliar rupiah ini disimpan RN dalam vagina, anus dan bagian perutnya dalam bentuk 1 buah kapsul berukuran besar dan 19 kapsul ukuran sedang,” ujar Kombes Pol Agus Rianto, Kabid Humas Polda Jabar pada Selasa (21/6).

Agus menambahkan bahwa seluruh barang bukti berhasil dikeluarkan di Rumah Sakit Sartika Asih Bandung dalam keadaan utuh. Kapsul-kapsul tersebut berbalut bahan plastik anti sobek dan kondom untuk mencegah heroin tercerna oleh tubuh.

Dalam penyidikan, RN mengaku memperoleh barang tersebut saat diajak berlibur ke Malaysia oleh salah seorang temannya berinisial TN.

“Di hotel saya dikenalkan oleh seorang pria asal Nigeria yang memaksa untuk membawa heroin itu ke Bandung hingga Jakarta. Kalau menolak, saya tidak diberi tiket pulang,” ujar RN.

Dengan janji upah sebesar 16 juta rupiah, RN dipaksa membawa heroin dalam kapsul dengan cara ditelan. Karena sudah tidak tertampung dalam perut, RN dipaksa membawa melalui anus dan vagina.

“Petugas bandara sempat curiga dengan cara berjalan RN, lalu dibuktikan dengan sinar X yang menunjukkan adanya benda yang tersimpan dalam tubuh pelaku. Awalnya pelaku sempat mengelak,” ujar Agus.

Selain barang bukti heroin, polisi juga menyita sebuah ponsel berikut kartu sim, paspor, Boarding Pass Air Asia Indonesia dan kartu barang bawaan kedatangan.

Karena perbuatannya ini, RN terancam pasal 112 atau 2 junto pasal 114 ayat 1 Uundang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati, penjara seumur hidup, atau kurungan maksimal 20 tahun dan minimal enam tahun. (IH)