Berita Nasional Hukum Kebijakan Daerah

Hakim PN Sleman Tolak Merehabilitasi Pengguna Ganja

Palu hakim

Sleman – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Jogjakarta, Selasa (20/12) menjatuhkan putusan hukuman 4 tahun penjara kepada AM (30), terdakwa dalam kasus kepemilikan dan penggunaan ganja.

Putusan Majelis hakim ini sudah sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tin Yustiningsih, dimana dalam dua persidangan sebelumnya, JPU menuntut agar terdakwa dihukum dengan hukuman 4 tahun penjara.

“Putusan pidana penjara yang diberikan ini sudah sesuai dengan pasal 111 ayat 1 Undang-undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.” papar ketua Majelis Hakim Sriwati, SH.

Dalam amar putusannya majelis hakim yang terdiri atas Sriwati, Asep Koswara, dan Danardono menyatakan tidak sependapat dan menolak keinginan terdakwa serta penasehat hukumnya agar dirinya tidak dipidana penjara tetapi menjalani proses rehabilitasi.

“Majelis Hakim memandang bahwa proses rehabilitasi terhadap terdakwa AM tidak akan efektif, sehingga putusan yang dianggap paling tepat adalah menjatuhkan hukuman pidana penjara,” papar Sriwati.

Selain itu majelis hakim juga memerintahkan agar terdakwa dan kedua rekannya dipindahkan dari Lapas Cebongan ke Lapas Grhasia, yang merupakan lembaga pembinaan narkotika atau Lapas narkotika yang dimiliki oleh Pengadilan Negeri Sleman.

Atas putusan ini, penasehat hukum terdakwa Arief Hijrah Saputra, SH. menyatakan pikir-pikir.

“Kami menyatakan pikir-pikir atas putusan majelis hakim mengingat terdakwa seharusnya menjalani proses rehabilitiasi dan bukan pemenjaraan, apalagi klien kami masih menjalani masa rehab disalah satu lembaga rehab di Semarang,” imbuh Arief Hijrah kepada NapzaIndonesia.com.

Sementara, AM menyatakan kekecewaannya atas putusan majelis hakim tersebut yang menurutnya sangat tidak manusiawi.

Sebelumnya, pada Senin (19/12) kemarin kedua rekan terdakwa yakni AA dan DR divonis masing-masing tujuh bulan penjara.

AM, AA, dan DR ditangkap pada 16 Agustus 2011 di sebuah hotel di Jogjakarta. Dihadapan petugas penyidik ketiga pemuda asal Semarang ini mengaku menggunakan ganja.

Hukuman pidana penjara yang diberikan kepada AM lebih berat dari kedua rekannya mengingat saat ditangkap anggota satnarkoba Polres Sleman, terdakwa AM kedapatan membawa barang bukti 0,6 gram ganja lintingan sisa pakai.(Gen)

One thought on “Hakim PN Sleman Tolak Merehabilitasi Pengguna Ganja”

  1. kawan-kawan pecandu di Jogja, jangan pernah mau disidangkan oleh hakim dengan nama-nama tersebut diatas, kita bisa menolak disidangkan dengan hakim-hakim yang tidak mengerti apa itu adiksi,.. kita bisa minta hakim-hakim yang lebih humanis dan mengerti adiksi,.. tolak hakim yang tidak mau menjalankan SEMA dan mengerti adiksi..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *