Peristiwa

Hakim Jatuhkan Vonis Rehabilitasi Bagi Yoyok Padi

Yoyok Padi

Jakarta – Pemain drum grup band Padi, Yoyok, dijatuhi vonis satu tahun penjara berupa hukuman rehabilitasi oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat pada Selasa (9/8).

Yoyok yang ditangkap pada Februari lalu, ditahan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di kantor BNN Cawang, Jakarta Timur. Sebelumnya Jaksa Penuntutut Umum (JPU) menuntut hukuman 15 bulan penjara.

Ketua majelis hakim, Sapawi, dalam persidangan menyatakan bahwa Yoyok terbukti secara sah dan meyakinkan telah menyalahgunakan zat psikotropika golongan satu bagi diri sendiri.

Menurut majelis hakim, vonis satu tahun penjara ini tidak dijalani, karena Yoyo diperintahkan untuk melakukan terapi medis dan sosial atau rehabilitasi.

Terhadap putusan ini, JPU, Yussie Cahaya dalam keterangannya menyatakan masih pikir-pikir. Sementara pihak Yoyok yang diwakili oleh kuasa hukumnya, Herbin Siahaan menyatakan menerima putusan ini.

“Kami tidak mengajukan keberatan, meskipun kami mengharapkan majelis hakim menjatuhkan putusan yang lebih rendah dari itu,” kata Herbin.

Menurut hakim Sapawi yang memimpin persidangan, hal yang meringankan Yoyok dalam kasus ini adalah bahwa Yoyok mengakui dan menyesali perbuatannya serta tidak pernah dihukum, bersikap sopan dan sejak lama telah melakukan terapi sosial dan medis.

Sementara hal yang memberatkannya adalah terdakwa sejak lama telah mengonsumsi zat psikotropika tersebut secara sengaja. (AM/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *