Berita Internasional Hukum Kebijakan Mancanegara

Guzman “El Chapo” Dihargai 60 Juta Peso

Mexico City – Bos kartel Sinaloa, Joaquin Guzman alias El Chapo, ditangkap di Los Mochis, setelah kalah dalam baku tembak dengan pasukan Marinir Angkatan Laut Meksiko.

Penangkapan El Chapo di Los Mochis ini langsung diumumkan Presiden Meksiko, yang menyatakan bahwa keberhasilan ini berkat kerjasama yang baik pihak badan intelejen dengan pasukan marinir Meksiko.

Presiden Meksiko  Enrique Pena Nieto menyebutkan dalam peristiwa baku tembak ini, sebanyak lima anak buah El Chapo tewas. Sebelum berhasil menangkap El Chapo, pihak keamanan Meksiko telah melakukan beberapa kali penyerbuan ke beberapa basis kartel Sinaloa.

Dalam akun twitter-nya, Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, mengatakan bahwa “Misi telah selesai: Saya menginformasikan bahwa Joaquin Guzman Loera telah ditangkap..”

El Chapo menjadi sorotan utama di seluruh dunia ketika Ia berhasil kabur dari sel penjaranya melalui sebuah gorong-gorong pada Juli 2015. Selama pelarian yang kedua kalinya ini Pemerintah Meksiko mengumumkan akan menghadiahi uang sebanyak 60 juta peso bagi siapa pun yang memberikan informasi tentang keberadaan El Chapo.

Pihak Drug Enforcement Agency (DEA) Amerika Serikat, menyatakan kegembiraannya atas tertangkapnya gembong narkotika Meksiko ini.

Sebelumnya, pada tahun 2001 silam, El Chapo juga berhasil meloloskan diri dari penjara super ketat Meksiko, setelah berhasil menyuap beberapa petugas sipir penjara.(Daily Express/Gentry Amalo)