Berita Internasional

Gembong Kartel Narkotika Meksiko Ditangkap

Tamaulipas – Mario Ramirez Trevino, salah satu gembong obat bius Meksiko, Sabtu (17/8) waktu setempat berhasil ditangkap pasukan gabungan Angkatan Darat dan Angkatan Laut Meksiko di Rio Bravo, negara bagian Tamaulipas.

Gembong obat bius yang juga dikenal dengan nama alias X-20 ini sudah menjadi buruan aparat Meksiko sejak 2006.

Trevino merupakan pimpinan tertinggi Kartel Teluk yang melakukan bisnis penyelundupan kokain dan ganja ke Amerika Serikat. Penangkapan ini merupakan aksi tangkap kartel narkoba besar kedua sejak Presiden Enrique Pena Nieto berkuasa Desember lalu.

Pemerintah AS menawarkan imbalan senilai US$5 juta (sekitar Rp 50 miliar) untuk informasi yang bisa berujung pada penangkapan Ramirez, sementara otoritas Meksiko menawarkan US$3 juta.

Ramirez Trevino diduga mengambil alih kekuasaan sebagai ketua Kartel Teluk setelah ditahannya Jorge Eduardo Costilla, yang dijuluki dengan nama The Coss, September 2012 silam.

Melalui akun twitternya, Kementrian Dalam Negeri membenarkan penangkapan Trevino.

“Pagi ini, pasukan bersenjata Meksiko telah menangkap Mario Armando Ramirez Trevino,” tulis pernyataan itu.

Pemimpin Kartel Teluk ini sudah diburu pemerintah AS sejak 2006. Sosoknya diduga “sekejam” pemimpin kartel brutal Zetas yang ditakuti, Miguel Angel Trevino Morales, yang sudah ditangkap bulan lalu.

Menurut para pejabat intelijen Meksiko begitu besar pengaruh Trevino sampai dia mampu mengusulkan bersatu kembalinya kartel Teluk dan Zetas, yang dahulunya memang satu organisasi sampai kemudian para pimpinannya terpecah tahun 2010.

Kartel Zetas sendiri mulanya adalah sayap keamanan dari Kartel Teluk, yang berawal dari geng kriminal berpengaruh di Meksiko.(BBC)