Advokasi

GELAR Juga Lakukan Kampanye “Lisensi Wajib ARV” Lewat Facebook dan YahooGroup

facebooklisensi copyDenpasar – Selain melakukan aksi turun ke jalan pada Minggu (16/5) siang, para aktifis HIV/AIDS dan simpatisan Gerakan Lisensi Wajib ARV (GELAR) juga melakukan aksi kampanye mereka pada laman jejaring sosial Facebook.

Siapapun Facebooker yang peduli dan bersimpati pada gerakan sosial ini dapat dengan mudah mengakses akun situs yang bernama “DUKUNG LISENSI WAJIB (Compulsory License) ARV DI INDONESIA“.

Selama ini lisensi wajib atau compulsory license ARV dipercaya telah menyelamatkan puluhan ribu nyawa anak bangsa yang terinfeksi HIV. Dimana ARV sangat diperlukan guna menekan kadar HIV dalam darah sehingga memperbaiki kualitas hidup orang yang terinfeksi HIV.

Saat NapzaIndonesia.com mengunjungi laman ini, status pada dinding situs ini diketahui terakhir kali diunggah pada Sabtu (15/3) lalu.

“Lisensi wajib juga merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban negara dalam memenuhi kewajibannya untuk menjamin kualitas kesehatan yang maksimal bagi setiap warganegaranya. Dukung lisensi wajib untuk ARV dan kita bisa selamatkan nyawa puluhan ribu penduduk Indonesia yang terinfeksi HIV,” papar pengelola akun yang mengatasnamakan UNGASS-AIDS Forum Indonesia.

Senada dengan pernyataan pengelola laman ini, Ade Triantono, salah seorang Facebooker dan juga simpatisan gerakan ini berpendapat “..Lisensi ketersedian wajib ARV harus segera disahkan karena menyangkut hidup orang banyak, mana janji pemerintah memberikan pelayanan kesehatan buat masyarakat jangan cuman janji-janji saja..”

Selain berkampanye melalui situs jejaring sosial Facebook, kampanye GELAR juga merambah jejaring sosial lain diantaranya YahooGroup.

Berbeda dengan laman di Facebook yang tidak menyebutkan nama moderatornya, di YahooGroup ini ada Aditya Wardhana, Aries Setyawan dan Yogie Wirastra sebagai pengelola dan moderator grup ini.

“Ini adalah sebuah wadah diskusi bagi Kaukus Lisensi Wajib ARV yang dibentuk dengan tujuan memperjuangkan dikeluarkannya kembali Lisensi Wajib bagi ARV yang akan habis masa berlakunya pada tahun 2011.” ujar Aditya Wardhana.

“Keanggotaan dalam mailing list ini diperuntukkan bagi individu yang tergerak secara sukarela dalam memperjuangkan keberlangsungan ARV generik di Indonesia,” imbuh Aditya Wardhana.

Dalam kaukus ini sejumlah aturan main harus dipatuhi oleh para anggota milis ini.. Jika anda bersimpati dalam gerakan ini, silahkan bergabung pada lisensiwajibarv-subscribe@yahoogroups.com atau hubungi lisensiwajibarv@yahoo.co.id   (Gen)