Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Daerah

Ganjar Pranowo: Sedang ada Perubahan Paradigma dalam Kebijakan Narkoba

Ganjar Pranowo saat berbincang dengan beragam komunitas di Semarang
Ganjar Pranowo saat berbincang dengan beragam komunitas di Semarang

Semarang – Calon Gubernur Jawa Tengah 2013-2018, Ganjar Pranowo mengatakan sedang ada perubahan paradigma dalam menjalankan kebijakan narkoba baik di Jawa Tengah maupun Indonesia.

“Jika dimasa lalu, pengguna narkoba itu cenderung ditangani secara hukum, yakni dengan cara dihukum, maka di masa kini penanganan kasus-kasus narkoba itu sedang mengalami pergeseran, dimana tidak lagi mengandalkan aspek hukum semata, namun juga sudah mengarah aspek kesehatan,” ungkap Ganjar Pranowo, Senin (6/6) pagi

Menurut Ganjar Pranowo, penanganan dari aspek kesehatan harus dilakukan mengingat tidak sedikit warga Jawa Tengah yang menjadi korban penggunaan narkoba dan harus direhabilitasi.

“Ada dua macam korban, yakni korban yang benar-benar pecandu itu sendiri dan kedua korban yang berasal dari wilayah-wilayah yang kita tidak pernah tau, anak kita,  di sekolah, remaja coba-coba,..” papar Ganjar Pranowo.

Pergeseran paradigma ini harus terjadi guna mengikuti dinamika masyarakat yang terjadi di masyarakat Indonesia saat ini.

Ganjar sepakat korban narkoba tidak dihukum, tapi itu pun harus dipilah-pilah agar dapat dibedakan antara korban dengan bandar narkoba.

“Testimoni, testimoni dari para harus diperbanyak agar ada perubahan, pertanyaannya kita mau berubah atau tidak, kalau kita mau berubah maka kita harus bergerak bersama-sama,..” imbau Ganjar kepada perwakilan komunitas advokasi pengguna NAPZA Semarang – PERFORMA.

Acara “Bincang Santai dengan Ganjar” ini digelar Nusantara Bangkit Bersatu dan diikuti oleh Komunitas Advokasi Pengguna NAPZA Semarang (Performa), komunitas Persatuan Waria Semarang (Perwaris), Komunitas Lucu-lucu Semarang (Kill’s), Komunitas Anak Jalanan, Yayasan Emas Indonesia, Komunitas Tatto Semarang dan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).(Gen)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *