Berita Internasional Peristiwa

Gagal Tangani Kekerasan Akibat Perdagangan Narkotika, 900 Polisi Meksiko Dipecat

MEXICO

Mexico City – Terkait maraknya kekerasan akibat perdagangan narkoba, sejumlah 900 orang anggota kepolisian di provinsi Veracruz-Boca del Rio, Meksiko, diberhentikan dari tugasnya. Seluruh anggota kepolisian ini dipecat dalam kampanye anti korupsi dan dalam rangka meningkatkan sistem keamanan.

Tugas keamanan kini diambil alih oleh Angkatan Laut Meksiko, tepat tiga bulan setelah ditemukan 35 orang tewas di jalan utama Boca del Rio, suatu daerah di negara bagian Veracruz.

Dalam sebuah keterangan yang dikutip oleh BBC, Gubernur Veracruz Javier Duarte de Ochoa menyatakan bahwa keputusan ini menjadi salah satu program nasional reformasi polisi. Pasukan Angkatan Laut bersama dengan polisi federal ini, kini menempati gedung-gedung kepolisian dan melakukan patroli di jalan.

“Semua yang pernah menjadi bagian dari satuan polisi Veracruz-Boca del Rio bisa kembali bertugas asal mereka lulus tes kepercayaan seperti dituntut oleh sistem nasional keamanan publik,” ujar de Ochoa.

Belum dapat dipastikan berapa lama pasukan Angkatan Laut ini akan melakukan pengamanan di kota yang berpenduduk 600.000 jiwa ini. Veracrus-Boca del Rio merupakan kota pariwisata populer yang juga memiliki banyak kawasan perumahan mewah.

Penggantian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pembunuhan terkait perang memperebutkan rute-rute perdagangan narkotika di antara dua kartel narkotika terkuat di Meksiko, yaitu Zetas dan Gulf.

Akhir September lalu, 35 orang ditemukan tewas di jalanan wilayah kota tersebut dan disusul dengan ditemukannya 32 mayat di tiga gedung yang berbeda dalam selang waktu dua minggu sesudahnya.

Ignacio de los Reyes, reporter BBC di kota Mexico melaporkan bahwa Korupsi dan disusupinya kepolisian oleh pelaku kejahatan juga menjadi tantangan terberat yang dihadapi Meksiko dalam perang melawan kartel narkoba.

Kekerasan dan korupsi terkait perdagangan narkoba ini meningkat sejak Desember 2006, atau sejak presiden Felippe Calderon mulai mencanangkan program perang terhadap narkoba dengan mengerahkan kekuatan militer untuk melawan sindikat narkoba. Lebih dari 40.000 orang tewas dalam kekerasan terkait narkotika di Meksiko. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *