Berita Nasional

Gagal Jadi Petani Tembakau, Sukses Jadi Petani Melon

Tembakau

Praya – Gagal bertani tembakau tidak membuat para petani di Desa Ganti, Kecamatan Praya Timur menjadi patah arang, justru sebaliknya sebagian besar petani tembakau mulai beralih menjadi petani melon yang sukses.

“Awalnya saya adalah petani tembakau namun karena selalu gagal maka saya beralih menjadi petani melon dan hasilnya lumayan,” kata Senah, petani asal Dusun Menseh Desa Ganti Kecamatan Praya Timurdi Praya Timur, Rabu (1/12).

Dia mengatakan, menjadi petani melon lebih enak ketimbang menjadi petani tembakau sebab resiko yang ditimbulkan tidak terlalu besar sementara keuntungan cukup besar.

“Kalau petani tembakau, keutungan kita bisa dua hingga tiga kalilipat dari modal, akan tetapi modal kita cukup besar dan kalau rugi sangat terasa sekali pada psikologisnya,” jelasnya.

Dia mencontohkan pada musim tembakau tahun 2009 dan tahun 2010 dimana dirinya tidak pernah mendapatkan untung akan tetapi justru kerugian yang diperolehnya.

“Kerugian terbesar kami pada musim tembakau tahun ini karena curah hujan yang tinggi, daun tembakau kita mati dan layu, kalaupun tidak layu, kualitasnya buruk dan tentu harganyapun anjlok,” jelasnya.

Diakuinya menjadi petani baru beberapa bulan namun sudah mampu memproduksi buah melon hingga 4 ton satu kali panen.

“Tahun ini saya baru panen 4 ton diareal tanam seluas 10 are, kalau areal saya luas maka saya bisa memproduksi belasan ton,” jelasnya.

Untuk modal usaha cukup dengan Rp500 ribu hingga Rp1 juta kalau dikerjakan sendiri sementara setiap satu buah melon dihargakan Rp10.000 hingga Rp25.000 per buahnya.

Dikatakannya, saat ini jumlah petani melon sudah mulai berkembang dari sebelumnya 1 orang sekarang sudah belasan orang.

“Dusun Menseh ini sekarang sudah dikenal dengan kampung melon karena petaninya banyak yang menanam melon, bahkan karena keberhasilan kita beberapa petani dari pulau Jawa sudah berkunjung ke daerah kami untuk melihat dari dekat keberhasilan kita,” jelasnya.

Senah mengatakan, tanaman melon baru dapat berbuah setelah usia tanaman 2 bulan.

“Masing masing pohon bisa menghasilkan buah antara 10 hingga 15 buah,” jelasnya.

Dikatakannya, perawatan melon tidak serumit tanaman tembakau namun demikian dia merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air.

“Tanaman ini hanya membutuhkan perhatian ketika mulai pembibitan sampai dengan menjelang berbunga, kalau sudah berbunga, sudah santai tidak terlalu membutuhkan pelakukan khusus,” jelasnya.(Ant)