Alkohol Berita Nasional Kebijakan Nasional Kegiatan

Forum Produsen Minol: Kepentingan Ekonomi dan Kesehatan Harus Beriringan

Semarang-Forum Muda Berbuat Bertanggungjawab (Forum MBB), sebuah forum yang mengusung isu keberagaman mengadakan diskusi “Minuman Beralkohol dari Hulu ke Hilir“, bekerja sama dengan Student for Liberty. Diskusi yang digelar di Auditorium Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang pada Jumat pagi (12/2) ini membahas rancangan undang-undang larangan minuman beralkohol dari perspektif budaya dan kesehatan.

Diskusi menghadirkan Adi Chrisianto dari Forum Petani dan Produsen Minuman Beralkohol; Donny Danardono pengajar Filsafat Hukum di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang; dan Ali Munhanif Direktur Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam paparannya Adi mengangkat masalah kesejahteraan petani dan produsen minuman beralkohol tradisional yang mengalami dampak buruk dari gonjang ganjing pelarangan alkohol. Produsen minuman yang secara turun temurun memproduksi minuman beralkohol berdasarkan kearifan lokal, selama ini tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk dapat menghasilkan produk-produk yang higienis serta layak konsumsi bagi masyarakat. Pemberitaan yang mengangkat tingginya angka korban jiwa yang jatuh setelah mengkonsumsi minuman alkohol oplosan, turut membuat produksi alkohol tradisional mengalami stigmatisasi.

Adi menekankan, perlu dibedakan antara produsen alkohol tradisional yang melakukan proses fermentasi dengan pengusaha nakal yang menggunakan metanol sebagai bahan dasar produk, lalu menjualnya sebagai minuman.

Adi berharap, pemerintah mulai memperhatikan nasib produsen alkohol tradisional dengan melakukan pembinaan dan pengawasan agar kepentingan ekonomi dan kesehatan masyarakat dapat berjalan beriringan. (Yvonne Sibuea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *