Berita Nasional HIV/AIDS Kebijakan Nasional Kegiatan

Forum Komunitas: Sudahkah Kebijakan Napza Berpihak pada HAM ?

Yogyakarta – Forum Komunitas Pengguna Napza berlangsung pada Minggu (2/10) dalam rangkaian kegiatan Pertemuan Nasional AIDS IV di Hotel Inna Garuda, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tema yang diangkat dalam pembahasan forum komunitas pengguna napza ini adalah mempertanyakan tentang “Sudahkah Kebijakan Napza berpihak pada Hak Azasi Manusia”.

“Apabila penanggulangan napza di Indonesia sudah berbasis HAM, seharusnya tidak lagi terjadi kekerasan, pemerasan dan kriminalisasi,” ujar Husen Basalamah, moderator sesi pleno ini saat membuka acara pada pukul 11.00 WIB.

Sementara itu, Edo Nasution selaku koordinator Persaudaraan Korban Napza Indonesia (PKNI) menyampaikan bahwa kebijakan yang seharusnya diterapkan saat ini adalah pendekatan kesehatan, dan bukan pemenjaraan.

“Namun pelaksanaannya belum sesuai yang diharapkan,” imbuhnya saat ditemui NapzaIndonesia.com sesaat sebelum forum komunitas pengguna napza dimulai.

Dalam diskusi di forum ini, dibahas mengenai empat poin sesuai dengan masukan dari peserta.

Poin yang dibahas adalah mengenai kebijakan hukum dan anggaran, akses kesehatan, posisi kasus narkoba sebagai “kejahatan luar biasa serta upaya mengubah cara pandang terkait penggunaan napza. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *