Berita Lembaga Kebijakan Daerah

Forum KiPAS Kritik Kebijakan Penanggulangan HIV/AIDS di Jawa Tengah

red ribbon

Semarang – Anggota LSM peduli HIV/AIDS kota Semarang yang tergabung dalam Forum Kita Peduli AIDS Semarang (KiPAS) pada Minggu (19/12) mengadakan acara peringatan Hari AIDS Sedunia.

Dalam peringatan ini, Forum KiPAS membuat pernyataan sikap mengkritisi kebijakan HIV/AIDS di Kota Semarang dan Propinsi Jawa Tengah.

Anggota Forum KiPAS yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Kalandara (pendamping komunitas pekerja dan buruh), Graha Mitra (pendamping komunitas waria), LPP-PERFORMA (komunitas pengguna NAPZA), Persatuan Waria Semarang (PERWARIS), Grisa PKBI Kota Semarang, Asa PKBI Jawa Tengah (pendamping anak jalanan) dan YAKITA Semarang.

Acara yang mengambil tema “Hentikan Janji-janji, Kami Perlu Bukti” tersebut menyuarakan empat belas kritik terhadap kebijakan HIV/AIDS di Kota Semarang dan Propinsi Jawa Tengah. Salah satu yang menjadi isu utama adalah ketidakpedulian Satuan Kerja Pelaksana Daerah (SKPD) dalam menangani masalah-masalah terkait HIV/AIDS.

“Salah satu tujuan dari acara ini adalah untuk mengkritisi dan mengevaluasi kebijakan yang selama ini diterapkan di daerah. Yang terjadi selama ini adalah SKPD yang ditunjuk untuk menangani masalah AIDS terkesan angin-anginan”, ujar M. Yusuf, koordinator acara.

Selain berisi protes dalam bentuk orasi kepada pemegang kebijakan setempat, acara ini juga didukung oleh keterlibatan komunitas yang terdampak bersinggungan langsung dengan HIV/AIDS seperti waria, pengguna NAPZA dan anak jalanan.(IH)