Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Daerah

FH Untag Semarang Perjuangkan Kurikulum Pemberantasan Narkoba

UNTAG Semarang

Semarang – Makin maraknya kasus narkotika yang menyeret berbagai kalangan sipil dan militer di Indonesia beberapa tahun terakhir, membuat gerah sejumlah akademisi Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang.

Kegerahan ini kemudian menghasilkan usulan mengenai perlunya materi “pemberantasan narkoba” masuk dalam kurikulum mata kuliah mahasiswa.

“Menurut kami, pemberantasan narkoba tidak cukup jika hanya dibebankan kepada BNN semata, dan masyarakat luas termasuk akademisi juga harus menyatakan perang terhadap peredaran barang haram tersebut,” papar Bambang Joyo Supeno SH.MH., Dekan Fakultas Hukum Untag Semarang, Rabu (15/5).

Menurut Bambang Joyo, memerangi narkoba harus menjadi semangat baru di kalangan tenaga pengajar dan mahasiswa FH Untag Semarang.

Untuk itu, memberantas narkoba, tidak hanya cukup dengan menyertakannya dalam materi perkuliahan semata, namun juga harus ditunjang dengan aksi nyata.

“Saat materi perkuliahan hanya dua atau tiga SKS, maka tindakan nyata di lapangan adalah bukti memerangi narkoba di masyarakat,” imbuh Bambang Joyo.

Bambang Joyo juga menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah bersiap membekali pengetahuan anti-narkoba bagi para tenaga pengajar dan mahasiswa yang akan terjun dalam KKN.(SM/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *