Aktivitas Kegiatan

Federasi Keluarga Berencana Internasional Luncurkan “Behind Bars”

Kuala Lumpur – Bersamaan dengan Peringatan Hari AIDS Sedunia 2010, Federasi Keluarga Berencana Internasional (IPPF), meluncurkan sebuah film dokumenter berjudul Behind Bars, sebuah koleksi kisah dari seluruh dunia mengenai dampak kriminalisasi hukum transmisi HIV pada masyarakat umum.

Koleksi online ini adalah bagian dari sebuah kampanye bertema Criminalize Hate, Not HIV yang diluncurkan IPPF di Konferensi AIDS Internasional di Wina, Juli 2010. Kampanye ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan dampak buruk kriminalisasi transmisi HIV.

Bagian lain dari kampanye IPPF tersebut diantaranya produksi film pendek tentang sisi kemanusiaan hubungan seksual, relasinya dengan hubungan interpersonal dan HIV. Orang-orang yang didokumentasikan dalam film tersebut berasal dari berbagai kalangan, dan bukan aktor profesional, sebagian besar diantara mereka terinfeksi HIV.

Kampanye ini dipublikasikan pada Deklarasi IPPF Tentang Hak-Hak Seksual, menyoroti tentang bagaimana, dimana, dengan siapa dan mengapa orang melakukan hubungan seks. Fokus film ini bukan saja pada hukum dan peraturan yang mengkriminalkan transmisi HIV, tetapi juga perilaku yang dihubungkan dengan transmisi HIV (kriminalisasi penggunaan NAPZA, transaksi seks komersial, dan hubungan seks sesama jenis).

Alejandra Trossero, Senior HIV Officer IPPF wilayah Oceania Timur dan Tenggara menyerukan pada Selasa (30/11) agar kampanye ini dapat disebarluaskan pada masyarakat umum sebagai bentuk kepedulian pada penanggulangan AIDS.(YS)