Berita Berita Internasional

FBI Tangkap Pemilik Web Jual Beli NAPZA Terpopuler, Silk Road

Tampilan Web Silk Road
Tampilan Web Silk Road

San Francisco – Agen FBI menangkap Ross William Ulbricht di sebuah perpustakaan umum di San Francisco pada Selasa (2/10) sore. FBI mengenakan dakwaan perdagangan NAPZA ilegal, peretasan komputer dan pencucian uang pada pemuda warga negara AS berumur 29 tahun tersebut. FBI melaporkan, Ulbricht sebagai ‘the Dread Pirate Roberts’, pemilik website jual beli NAPZA Silk Road yang misterius. The Dread Pirate Roberts tokoh fiksi menakutkan dalam film The Princess Bride yang digunakan Ulbricht sebagai penyamaran identitas aslinya.

Menurut laporan FBI, mantan mahasiswa fisika dan tehnik di Pennsylvania State University ini mempromosikan Silk Road di akun LinkedIn miliknya. Sesuai dengan paham ekonomi libertarian yang dianutnya, Ulbricht menyatakan dirinya fokus pada menciptakan simulasi ekonomi yang memberikan pengalaman langsung pada individu-individu agar merasakan hidup di dunia tanpa penggunaan kekuasaan sistemik seperti yang diberlakukan institusi dan pemerintah. Ulbricht menawarkan senjata, NAPZA dan pembunuh bayaran melalui web.

“Saya ingin menggunakan teori ekonomi untuk menghapuskan penggunakan paksaan dan agresi pada umat manusia,” tulis Ulbricht.

Web Silk Road diluncurkan pada 2011, dengan memperbolehkan klien untuk memperdagangkan barang ilegal dan layanan-layanan lain dengan kerahasiaan total. Silk Road menggunakan mata uang bitcoin, sebuah kurs digital yang digunakan untuk jual beli online, dan sebuah jaringan terlindungi yang dinamakan Tor. Tor yang ditemukan oleh Angkatan Laut AS dan digunakan untuk komunikasi rahasia, menggunakan rute lalulintas tersembunyi di internet yang disebut ‘the dark web’.

Menurut laporan, Silk Road memiliki hampir satu juta pengguna terdaftar di seluruh di dunia, sekitar 30% berdomisili di AS. Silk Road dalam masa operasi 2.5 tahun memberikan petunjuk bagaimana melindungi komunikasi online dan mengemas NAPZA atau senjata yang akan dijual dalam kemasan kedap udara sebelum dikirimkan melalui jasa pengiriman. Hal ini dilakukan untuk menghindari deteksi petugas keamanan.

Christoper Tarbell, agen khusus FBI di bidang kejahatan dunia maya memperkirakan nilai Silk Road sebesar 1.2 milyar dolar AS, dan komisi yang telah diterima oleh Ulbricht sebesar 80 juta dolar AS. (cnn/YS)