Advokasi Berita Nasional Kegiatan Tembakau & Rokok

Fahmi Idris: Ratusan Ribu Pekerja Industri Rokok Terancam Menganggur

Semarang – Fahmi Idris, selaku Ketua Masyarakat Bangga Produk Indonesia dalam sambutannya di acara Diskusi Buku ” Kretek, Kajian Ekonomi & Budaya 4 Kota” menyayangkan arah kebijakan pemerintah Indonesia yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat kecil.

Fahmi mengungkapkan pada 2010 saja, industri rokok menyumbangkan 66 trilyun rupiah ke kas negara melalui cukai rokok. Bila dibandingkan dengan royalty PT. Freeport McMoran yang hanya berkisar antara 20 trilyun rupiah pertahun, jumlah tersebut hanya sepertiga sumbangan industri rokok ke kas negara.

Tidak bisa dinafikan jumlah pekerja industri rokok  yang berkisar antara 824 ribu orang ikut terancam dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang makin menekan keberlangsungan industri rokok.

Fahmi mengungkap, salah satu sumber pembiayaan kampanye anti rokok berasal dari Bloomberg Institute, yang menggelontorkan sekitar 200 ribu dolar AS ke LSM serta sekitar 4 juta dolar AS ke institusi-institusi pemerintah agar mendukung kebijakan anti rokok.(YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *