Berita Internasional

Eropa Cemaskan Merebaknya Wabah Anthrax pada Pengguna Heroin

Wabah Anthrax

London – Seorang pengguna NAPZA di Inggris meninggal karena anthrax, demikian pernyataan pejabat berwenang pada Jumat (17/8). Kematian karena anthrax ini meningkatkan perhatian akan kemungkinan memburuknya wabah anthrax pada pengguna heroin suntik.

Pengguna NAPZA tersebut kemungkinan besar menggunakan heroin terkontaminasi dan setidaknya ada 7 kasus serupa di seputar Eropa, ungkap Agen Perlindungan Kesehatan Inggris, Health Protection Agency (HPA). HPA berfungsi untuk mengawasi masalah penyakit infeksi dan bencana lingkungan.

“Sepertinya kasus-kasus berikut akan diidentifikasi sebagai bagian dari awal wabah anthrax di negara-negara Eropa,” tegas Dilys Morgan mewakili HPA. “Sangat jarang ditemukan kasus anthrax pada pengguna NAPZA”.

Mewabahnya infeksi anthrax di Eropa pada 2009-2010 dihubungkan dengan heroin terkontaminasi, tetapi sebelumnya, hanya ada satu kasus terlaporkan dari Norwegia pada 2000.

Menurut data HPA, sejak Juni 2012, dilaporkan kasus-kasus anthrax pada pengguna heroin di Eropa, 3 kasus di Jerman, 2 kasus di Denmark, 1 di Perancis, dan 1 di Skotlandia.

“Tidak jelas apakah kematian di Skotlandia dan kasus meninggalnya warga Inggris ini saling berhubungan terkait wabah anthrax, tetapi HPA akan terus mengawasi situasi,” Morgan menambahkan.

Korban warga Inggris tersebut meninggal di sebuah rumah sakit di Blackpool, Inggris Utara.

Anthrax adalah bakteri yang sporanya biasa digunakan sebagai senjata biologis. Sangat jarang ditemukan manusia terinfeksi anthrax, tetapi ketika spora anthrax terhirup, infeksi akan terjadi secara cepat, dan ketika gejala muncul, biasanya telah terlambat untuk mengobatinya dengan antibiotik.

Infeksi anthrax tidak ditransmisikan langsung dari orang yang terinfeksi ke orang lainnya. Bentuk-bentuk serangan anthrax antara lain, pada kulit dan paru-paru – yang tingkat kematiannya mencapai 75%, serta infeksi saluran pencernaan yang dapat berkembang menjadi infeksi darah dan kematian.(reu-YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *