Advokasi Berita Daerah Hukum

Enam Aktivis SPENA Ditemukan

Semarang – Teka-teki atas hilangnya enam mahasiswa aktivis “SPENA” yang diculik sekelompok orang tak dikenal yang mengaku sebagai polisi, pada Senin (8/2) malam akhirnya terjawab sudah.

Keenam aktivis mahasiswa ini yang semula diberitakan hilang diculik orang tak dikenal ini ternyata benar-benar ditangkap Ditnarkoba Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah.

Kepada NapzaIndonesia.com, Abdul Fani, Koordinator paralegal Lembaga Pelopor Perubahan (LPP), mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan kabar tentang keberadaan para aktivis mahasiswa tersebut.

Bahkan lima dari enam orang yang ditangkap petugas reserse Ditnarkoba Polda Jateng tersebut telah dibebaskan sejak Selasa (9/2) malam.

Rumor yang beredar, sebelum dibebaskan petugas kepolisian, kelima mahasiswa aktifis “SPENA” ini wajib menandatangani surat perjanjian dengan pihak kepolisian yang isinya agar kelimanya tidak bicara kepada siapapun soal peristiwa “penangkapan” tersebut.

Jika mereka bicara kepada siapapun maka polisi akan “melaporkan” kepada pihak perguruan tinggi tempat kelimanya menempuh ilmu agar mereka dikeluarkan dari perkuliahan dan dipecat sebagai mahasiswa.

“Rabu (10/2) pagi, dibantu Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) Jateng kami akan mencoba menggali informasi sebanyak-banyaknya soal kronologis penangkapan dari kelima mahasiswa yang ditangkap tanpa prosedur yang semestinya dan kemudian dibebaskan petugas,” ujar Abdul Fani.

Menurut Abdul Fani, ada banyak kejanggalan dalam proses penangkapan tersebut. Salah satunya adalah tidak ditunjukannya surat perintah penahanan atau surat perintah penangkapan, serta surat perintah penggeledahan. Bahkan istri dari salah satu mahasiswa yang ditangkap hingga berita ini diturunkan belum diberitahu petugas.

Untuk diketahui SPENA adalah Sahabat Peduli NAPZA, sebuah lembaga Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) di IKIP PGRI Semarang yang menjadi mitra Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Tengah dalam memberikan penyuluhan tentang pengurangan dampak buruk dan bahaya narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa di Semarang, Jawa Tengah.(G)

3 thoughts on “Enam Aktivis SPENA Ditemukan”

  1. semoga polisi yang menculik atau menyalahi prosedur tersebut bisa ditindak secara tegas dan dikenai sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku, agar mereka tidak semena-mena dalam menjalankan tugas…

  2. NB: SPENA bukan kepanjangan dari Sahabat Pengguna Napza tapi Sahabat Peduli Napza

  3. terima kasih atas koreksinya dan koreksi sudah dilakukan,.. salam berjuang, 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *