Berita Internasional

Empat Staff UNODC dan Pilot Cessna Ditemukan Tewas

Pesawat Cessna AU Bolivia (ilustrasi)

La Paz – Empat staff Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang tidak disebutkan namanya ditemukan tewas terbakar setelah pesawat angkut ringan yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan terbakar.

Pesawat jenis Cessna 210 dengan dua awak ini ditemukan jatuh terbakar setelah sebelumnya menabrak pohon di hutan Bolivia utara.

Sebelumnya, Vidal Machiado, walikota Asunta, La Paz, Jumat (6/5) mengumumkan bahwa keempat staf PBB dan dua awak pesawat dalam keadaan baik, namun pernyataan ini dibantah oleh Angkatan Udara Bolivia.

“Itu adalah tabrakan langsung terhadap sebuah pohon sekitar 50 meter tingginya dan pesawat itu terbakar seluruhnya,” kata Jendral Angkatan Udara Bolivia Tito Gandarillas kepada media.

Pesawat Cessna itu meninggalkan Pangkalan Udara El Alto, La Paz, pada Kamis (5/5), untuk mengawasi hutan tanaman coca di wilayah Los Yungas, yang terletak di timurlaut ibukota.

Keempat staf itu bekerja pada Kantor PBB urusan Obat Bius dan Kejahatan (UNODC), yang bekerja sama dengan pemerintah Bolivia untuk melawan penyelundupan narkotika.

Menurut data UNODC, Bolivia merupakan negara produsen daun coca ketiga terbesar di dunia setelah Peru dan Colombia. Adapun daun coca merupakan bahan dasar kokain.(Ant/Gen)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *