Berita Nasional Peristiwa

Empat Kilogram Shabu Dimusnahkan BNN

BNN

Jakarta – Sekitar empat kilogram psikotropika jenis shabu yang disita dari tersangka MA (36) dimusnahkan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Jakarta, Senin (6/12).

“Barang bukti yang dimusnahkan sekitar 4.000,1 gram narkoba jenis sabu-sabu milik tersangka MA yang kedapatan menyimpan barang tersebut,” papar Direktur Narkotika Alami BNN, Benny J. Mamoto.

Dari jumlah barang bukti itu, menurut dia, sebanyak kurang lebih 2,5 gram disisihkan untuk keperluan laboratorium dan bukti persidangan, sehingga jumlah bersih barang bukti yang dimusnahkan adalah kurang lebih 3.997,6 gram.

Menurut Benny J Mamoto, berdasarkan Pasal 91 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dijelaskan bahwa barang bukti tindak pidana narkotika harus dimusnahkan segera dalam waktu paling lama tujuh hari, setelah Kepala Kejaksaan Negeri setempat menerima pemberitahuan tentang penyitaan barang bukti narkotika tersebut.

Selain itu disaat yang bersamaan juga turut dimusnahkan barang bukti heroin sebanyak kurang lebih 841 gram dan shabu-shabu seberat kurang lebih 53,7 gram yang berasal dari dua kasus tindak pidana narkoba lainnya dengan tersangka berinisial LJ dan LN.

“Kasus ini masih dalam pengembangan, jadi yang didata hanya besaran barang buktinya saja,” katanya.(Ant)