Advokasi

Empat Anggota Ditnarkoba Diadukan ke Propam Polda Jateng

arifSemarang – Kasus pengambilan paksa ilegal atau penculikan dan penyekapan yang dilakukan anggota Ditnarkoba Polda Jawa Tengah atas diri enam mahasiswa aktifis” SPENA” IKIP PGRI Semarang pada Senin (8/2) petang lalu, Jum’at (12/2) siang diadukan ke Ditpropam Polda Jawa Tengah.

Pengaduan ini menyusul banyaknya kejanggalan yang mengarah kepada pelanggaran kode etik POLRI dan standar prosedur operasional POLRI di lapangan.

Koordinator paralegal Lembaga Pelopor Perubahan (LPP) – Performa, Abdul Fani, saat ditemui NapzaIndonesia.com, Jumat (12/2) mengatakan bahwa lima dari enam mahasiswa yang diambil paksa dari kediamannya tersebut telah dimintai keterangan terkait kronologis penangkapan ilegal disertai penyekapan yang dilakukan di hotel Bukit Permai dan Hotel Indraprasta.

Selama disekap, para anggota Ditnarkoba Polda Jateng ini juga telah melakukan tindakan pemaksaan terhadap keenam mahasiswa ini dengan meminta para mahasiswa untuk melakukan tes urin dengan menggunakan test pack, serta memaksa keenam mahasiswa tersebut menandatangi surat tanpa kop institusi Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

LPP-Performa menanggap para anggota Ditnarkoba Polda Jateng atas nama Kompol H, Briptu Pur, Briptu Tfn, dan Brigadir Wbo telah melakukan tindakan ilegal secara hukum karena telah mengabaikan hak-hak sipil warga dengan tidak menunjukan surat Perintah Penangkapan, Surat perintah Penggeledahan, Surat Perintah Penahanan dan Surat Perintah Penyitaan yang resmi dari institusi resmi dalam hal ini Polda Jawa Tengah.

Atas tindakan pelanggaran kode etik POLRI dan standar prosedur operasi ini, LPP-Performa telah menunjuk PBHI Jawa Tengah menjadi kuasa hukum atas kasus pengambilan paksa ilegal dan tindakan-tindakan lainnya yang melanggar Hak Asasi Manusia.

Bersama PBHI, LPP-Performa telah mengadukan dan melaporkan keempat anggota Ditnarkoba Polda Jateng tersebut kepada Ditropam Polda Jateng untuk dilakukan pemeriksaan dan pengusutan atas tindakan ilegal yang dilakukannya.(G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *