Berita Internasional

El Brad Pitt Pimpinan Kartel La Linea Ditangkap di Meksiko

Mexico City – “El Brad Pitt” alias Marco Antonio Guzman (42) ditangkap pihak Kepolisian Federal  Meksiko pada Kamis (16/7) setelah membunuh banyak orang terkait persaingan kartel narkoba. Guzman dituduh memimpin kartel narkoba bernama La Linea. La Linea adalah kartel narkoba beraliran kekerasan di Ciudad Juarez.

Guzman dijuluki “El Brad Pitt” karena acapkali meniru gaya busana Brad Pitt dalam film “Spy Game”, mengenakan topi baseball, rambut gondrong dan mengalungkan kamera di leher untuk menyamarkan diri sebagai turis.

Guzman, dibawa ke ibukota Meksiko dalam keadaan terborgol dan dipertontonkan kepada media. Kepolisian Meksiko menyatakan bahwa Guzman terlibat dalam peledakan bom mobil yang membunuh seorang polisi Federal dan dua orang sipil pada Juni 2010.

Guzman juga diduga terlibat dalam operasi perdagangan narkoba di Chihuahua. Ciudad Juarez adalah area paling terdampak perang narkoba, dimana diperkirakan 3100 orang telah terbunuh selama 2010.

Pemerintah Meksiko menawarkan imbalan sebesar 42.000 USD atau sekitar 360 juta rupiah untuk orang yang berhasil menangkap Guzman. Polisi mencurigai Guzman sedang merencanakan pengeboman berikut. Ia juga dicurigai bertanggungjawab atas kepemilikan sejumlah bahan peledak yang disita polisi di Ciudad Juarez pada 25 April 2011.

“El Brad Pitt” pernah mengabadikan sebuah momen pembunuhan, kemudian mengunggahnya disebuah situs berbagi video.(gua/tm/YS)