Berita Nasional Peristiwa

Dua Tersangka Pengirim Ganja Ditangkap di Medan

Polda Sumut

Medan – Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara menangkap dua tersangka yang diduga terlibat dalam pengiriman 50 kilogram narkoba jenis ganja yang diamankan di kargo Bandar Udara Polonia Medan.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Andjar Dewanto di Medan, Senin (31/10), menyatakan, kedua tersangka yang ditangkap itu adalah Muharram, warga Lhokseumawe dan Syaiful, warga Jakarta.

“Keduanya dibawa ke Mabes Polri,” katanya.

Andjar menjelaskan, penangkapan itu berawal dari pengembangan dengan mendatangi perusahaan jasa pengiriman yang tercantum di alamat tujuan yang berada di kawasan Bendungan Hilir Jakarta.

Setelah menginterogasi Syaiful yang merupakan pemilik jasa pengiriman tersebut, pihaknya mendapatkan nama Muharram yang mengirimkan ganja itu dari Aceh.

Melalui kerja sama dengan Polda Aceh, pihaknya berhasil mendapatkan Muharram yang diduga menjadi pemilik dan pengirim ganja tersebut.

Dari pemeriksaan terhadap tersangka, diketahui bahwa pengiriman ganja tersebut pernah dilakukan sebelumnya melalui jasa pengiriman udara.

“Sudah pernah dikirim lima atau enam kali sebelum ini,” katanya.

Pihak kepolisian akan mengenakan dugaan pelanggaran Pasal 111, 114 dan 132 UU 35/2009 tentang Narkoba yang mengandung ancaman hukuman minimal lima tahun penjara.

Disebabkan pengembangannya dilakukan dua instansi yakni Polda Sumut dan Polda Aceh, kedua tersangka diserahkan ke Mabes Polri. “Kita serahkan ke Subdit IV Mabes Polri,” kata Andjar.

Dengan penangkapan dua tersangka itu, berarti telah didapatkan empat tersangka dalam pengiriman ganja melalui jasa pesawat udara tersebut.

Sebelumnya sudah ditangkap orang yakni Yudi dan Ilham yang merupakan anak buah Syaiful, katanya.

Menurut dia, petugas Bandara Polonia mengamankan 50 Kg ganja yang akan dikirim ke Jakarta di bagian kargo pada Senin (24/10) malam.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *