Peristiwa

Dua Mahasiswa Pengguna Narkoba Ditangkap di Pacitan

Kepolisian Republik Indonesia

Pacitan – Dua orang warga berstatus mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi di Pacitan ditangkap oleh Satuan Reserse dan Narkoba (Satnarkoba) Polres Pacitan pada Jumat (5/8), saat sedang menghisap ganja di sebuah kamar kos kawasan Blumbang, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Keduanya ditangkap polisi karena diduga terlibat dalam sindikat peredaran narkoba jenis ganja di kalangan mahasiswa. Kedua tersangka ini, AH dan SM telah diintai polisi sejak dua pekan terakhir.

“Kami menangkap keduanya saat sedang menghisap daun ganja. Sebelumnya, mereka juga sempat minum-minuman keras jenis arak jowo,” ujar Kasat Reskoba Polres Pacitan Iptu Sudjarno.

Sudjarno menjelaskan bahwa ketika ditangkap, keduanya sedang dalam keadaan mabuk dan sempat berupaya mengelabui petugas dengan cara menyembunyikan barang bukti kedalam sebuah speaker aktif.

Tersangka AH akhirnya mengaku bahwa barang bukti tersebut adalah miliknya setelah polisi melakukan penggeledahan. Dia mengaku memperoleh ganja itu dari temannya di daerah perkampungan wisata Pantai Teleng Ria, Pacitan.

Dalam penangkapan itu, polisi tidak hanya membawa keduanya, tetapi juga mengamankan sejumlah barang bukti lainnya, seperti botol minuman keras beserta isinya, sebungkus rokok, beberapa linting ganja, korek api, serta sebuah speaker aktif.

Menurut Sudjarno, jika keduanya terbukti bersalah, mereka bisa diancam hukuman penjara maksimal enam tahun. Ancaman pidana itu sesuai dengan pasal 112 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sementara itu, tersangka AH mengaku bahwa ganja tersebut digunakannya sendiri, dan bukan untuk diperjual belikan. (AM/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *