Berita Nasional

DKK Bandar Lampung: 2011, Puskesmas Kedaton Mulai Layani PTRM

metadon

Bandar Lampung – Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung pada tahun 2011 nanti akan membuka pelayanan kesehatan “Program Terapi Rumatan Methadon (PTRM)” di Puskesmas Kedaton, Bandar Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung Wirman mengungkapkan, klinik tersebut akan mulai beroperasi pada April 2011.

“Sekarang kita sedang melengkapi peralatan dan sumber daya manusianya,” kata dia, Selasa (9/11).

Pelayanan kesehatan Klinik PTRM tersebut merupakan program pelayanan terhadap pasien yang memiliki ketergantungan terhadap narkotika jenis heroin, dengan melakukan pengobatan dibawah pengawasan dokter.

Pembukaan pelayanan kesehatan PTRM ini untuk meminimalkan jumlah pengguna NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) dan jumlah penderita HIV/AIDS yang penularannya paling banyak akibat menggunakan jarum suntik.

Wirman menjelaskan, saat ini terdapat 297 kasus AIDS di Lampung dengan media penularan terbesar melalui jarum suntik, yang mencapai lebih dari 40 persen dari keseluruhan kasus.

Selain membuka klinik pelayanan PTRM, Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung berencana akan bekerja sama dengan KPA Kota Bandar Lampung  dalam memprogramkan pemberian Layanan Jarum Suntik dan Alat Suntik Steril (LJASS).

Program tersebut dapat diakses di sejumlah tempat di kota itu, seperti Puskesmas Sukaraja, Puskesmas Kedaton, dan melalui “mobile outlet”.

“Mobile outlet itu adalah para petugas penjangkau pengguna jarum suntik dari KPA Kota Bandar Lampung,” kata Wimar.(Ant)