Berita Nasional Kebijakan Nasional

Disdikpora Surakarta Akan Tes Urin Semua Siswa Baru SMA-SMK

Tes Urine

Surakarta – Untuk mencegah penggunaan narkotika di kalangan pelajar, Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Surakarta, Jawa Tengah, akan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melakukan tes narkoba pada siswa SMA dan SMK.

“Kami sudah kirim surat ke PMI untuk permohonan kerja sama. Tinggal menunggu tanggapannya. Mereka akan konsolidasi dulu,” ujar Kepala Disdikpora Surakarta, Rakhmat Sutomo, seperti diberitakan tvonenews.tv, Senin (16/7).

Menurutnya, hal ini akan dilakukan pada seluruh siswa baru setingkat SMA dan SMK karena mereka dalam berada dalam usia rawan penggunaan narkoba.

Sementara itu, Sumartono Hadinoto selaku Sekretaris PMI Surakarta mengatakan bahwa untuk menghindari mangkirnya siswa-siswa yang kemungkinan sudah menggunakan narkoba, tes urin ini akan dilakukan secara acak dan tidak terjadwal.

Berdasarkan data Polresta Surakarta, tahun 2009 kasus narkoba yang diungkap sebanyak 152, angka ini tertinggai se-Jateng. Pada 2010 kasus yang diungkap turun menjadi 122 kasus, atau tertinggi kedua se-Jateng. Pada tahun berikutnya, angka pengungkapan kasus kembali menduduki peringkat teratas dengan 111 kasus. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *