Berita Lembaga Peristiwa

Dinkes Jateng Lakukan Survey Terpadu Pada Penasun

Pelaksanaan survey pada penasun

Semarang – Survey Terpadu Biologis dan Perilaku (STPB) bagi pengguna NAPZA suntik (penasun) dan homo seksual di wilayah Jawa Tengah dimulai pada Sabtu (29/1) lalu.

Survey yang dikoordinir Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah ini dilakukan di dua lokasi terpisah. Untuk kelompok homo seksual survey dilaksanakan di LSM Gesang Semarang, sementara untuk kelompok penasun dilaksanakan di Lembaga Pelopor Perubahan sebagai “drop in center”.

“Metode survey untuk penasun kali ini menggunakan sistem kupon. Dimana setiap penasun yang datang dan diwawancara akan diberi tiga kupon untuk mengajak tiga teman penasun lainnya”, ujar Tri Susilo Hadi, pengawas tim survey ini saat ditemui NapzaIndonesia.com disela-sela pelaksanaan kegiatan.

Menurut Tri Susilo Hadi, dalam sistem kupon ini ada dua tempat yang ditunjuk sebagai “drop in center” yaitu tempat yang bisa didatangi untuk wawancara.

“Harapannya dengan sistem kupon ini dapat membuka akses bagi para penasun yang mungkin belum terjangkau program layanan untuk diwawancara,” imbuh Tri Susilo Hadi.

Menurut rencana survey ini akan dilakukan hingga 17 Februari mendatang.(IH/Gen)