Berita Kebijakan Kebijakan Daerah Peristiwa

Dinas Koperasi Bali Langgar Perda Kawasan Tanpa Rokok

Denpasar – Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Provinsi Bali, melakuan sidak ke berbagai kantor dinas di Lingkungan provinsi Bali.

Hal ini terkait dengan pengawalan dan pengamanan pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Bali Nomor 10 tahun 2012, tentang kawasan tanpa rokok (KTR).Menurut Kepala SatPol PP Provinsi Bali, Made Sukadana, dalam sidak ini yang paling menonjol justru terjadi di Kantor Dinas Koperasi Provinsi Bali.

“Mereka ternyata menjul rokok, yang sebenarnya sangat dilarang oleh perda KTR. Jangankan menjual rokok, merokok dalam ruangan saja sudah melanggar,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa sidak kali ini merupakan sidak penegakan hukum setelah sebelumnya hanya merupakan sosialisasi.

Bila ada oknum PNS yang tertangkap tangan, akan langsung disidik di tempat (TKP), sementara  jika ditemukan asbak, puntung rokok, yang bersangkutan bersama Kepala Dinasnya akan dipanggil ke kantor SatPol PP, untuk dimintai pertanggungjawabanya.

Terkait penemuan tersebut, pihak Satpol PP akan memanggil Kepala Dinas Koperasi untuk dimintai keterangan.

Penemuan berupa asbak dan puntung rokok di ruangan Kepala Sub Bagian Bina Lembaga Koperasi, Gede Indera, sudah dicatatkan namanya untuk dimintai keterangan.

“Kami tidak akan toleransi terhadap pelanggaran yang ada. Pemberkasan langsung dilakukan di lokasi dengan ancaman hukuman tiga bulan pejara dan denda Rp 50 ribu ” ujar Kepala Penyidik PPNS SatPol PP, Ketut Pongres, yang saat itu didampingi staf penyidik I Ketut Sadar. (Kos/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *