Berita Nasional Peristiwa

Diduga Jadi Informan Polisi, Tahanan Kasus Narkoba Tewas Dianiaya

Lembaga Pemasyarakatan

Salatiga РHarry Cahyono (39) tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Salatiga tewas dianiaya sesama tahanan lain karena  diduga sebagai informan Polisi.

Perlakuan yang dialami korban ini sebenarnya sudah diketahui istrinya, Maria Rukini (35), saat mengunjungi Harry pada Sabtu (8/10), dimana saat itu Maria melihat kondisi suaminya yang babak-belur.

“Di lehernya ada bekas darah, keningnya robek, wajah dan dadanya lebam serta memar-memar. Jalannya membungkuk dan suaranya pun jadi pelan” papar Maria, Senin (10/10).

Pada saat dibesuk Maria, Harry menyatakan bahwa dirinya menerima ancaman. Salah satu dari ancamannya yaitu, jika Maria datang kembali untuk membesuk Harry maka kepala Harry akan dibenturkan ke tembok, selain itu dia juga mengaku diperas.

“Suami saya dikira informan polisi yang membuat mereka masuk penjara. Padahal suami saya bukan informan” kata Maria . Pada pertemuan tersebut Harry juga minta uang Rp. 1 juta untuk diserahkan kepada si pemeras.

Atas kondisi Harry, Maria meminta kepada petugas rutan untuk memindahkan ruangan penahanan Harry. Menurut Maria, Harry dipindahkan ke sel lain namun ia tetap dianiaya hingga luka parah dan tewas.

Menurut Maria, suaminya ditangkap aparat Polres Salatiga atas tuduhan kepilikan ganja dan sempat ditahan di ruang tahanan polres. Pada Jum’at (7/10) siang, Harry dipindahkan ke Rutan Salatiga. Diduga sejak hari pertama di Rutan, Harry dianiaya oleh tahanan lain.

Harry menghembuskan nafas terakhir pada Minggu (9/10) pukul 16.30 WIB. Namun Maria baru menerima kabar tersebut pada pukul 20.30 WIB. Dari otopsi di RSUD Salatiga diketahui bahwa korban mengalami patah tulang leher, patah kedua tangan, patah tulang pinggul, luka di kepala dan memar disekujur tubuh.

Kepala Rutan Kota Salatiga, Darwin Tampubolon menyatakan belum bisa memberikan komentarnya karena masih di luar kota. Sementara Kabag Humas Polres Salatiga, AKP Paulina mengatakan bahwa status Harry merupakan tahanan pihak kejaksaan yang ditipkan di Rutan Salatiga.(WJ/Koz/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *