Berita Nasional Kebijakan Daerah

Diduga Gunakan Pil Koplo, 14 Narapidana Kedungpane Dipindahkan ke NusaKambangan

Semarang– Empat belas warga binaan atau narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I, Semarang, awal pekan ini dipindahkan ke Lapas NusaKambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Kebijakan pemindahan warga binaan ini dilakukan setelah terjadi perkelahian antar narapidana narkotika, yang mengakibatkan beberapa narapidana mengalami luka serius dan luka ringan.“Kemarin, kami baru memindahkan empat belas narapidana dari Kedungpane ke Lapas Nusa Kambangan,” ungkap Kepala Lapas I Semarang Drs Ibnu Chuldun, Kamis (21/6) pagi.

Menurut Ibnu Chuldun, dugaan bentrok antar narapidana narkotika ini kemungkinan besar dipicu penggunaan pil koplo yang berhasil diselundupkan ke dalam penjara oleh beberapa keluarga narapidana narkotika.

“Biasanya pil koplo akan membuat para penggunanya lebih pro-aktif dan cenderung agresif, ini berbeda jika menggunakan narkotika jenis lain,” imbuh Ibnu Chuldun dalam talkshow “Mengupas PeredaranNarkoba di Dalam Lapas” yang berlangsung di Kampus IKIP PGRI, Semarang.

Menurut Ibnu, pihaknya akan terus memantau dan menindak tegas pelaku peredaran ilegal narkotika dari dan ke dalam penjara, khususnya Lapas Kedungpane, Semarang.(Gen)