Advokasi Berita Daerah

Di Semarang Buprenorfin “Kalahkan” Metadon

Semarang – Penggunaan substitusi opiat lain selain metadon yang telah disiapkan pemerintah di beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum (RSU) di Semarang, telah membuat minimnya pengguna napza suntik (penasun) mengakses layanan Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM).

Minimnya para penasun yang melakukan akses layanan metadon ini disebabkan lebih disukainya substitusi opiat jenis buprenorfin. Hal ini terungkap dalam diskusi evaluasi layanan PTRM yang diadakan RSUP Dr Kariadi, Semarang.

“Minimnya akses layanan metadon di RTRM RSUP Kariadi ini disebabkan oleh adanya pilihan penggunaan substitusi lainnya yang secara tidak langsung menjadi pesaing metadon,” ungkap Dr. Aris Catur kepada NapzaIndonesia.com Selasa (29/3) siang.

Menurut Aris Catur, melihat fenomena ini maka pihaknya akan segera melakukan kampanye melalui berbagai media, agar menarik minat penasun untuk mengakses layanan PTRM.

“Guna mengatasi minimnya jumlah penasun yang mengakses layanan metadon di RSUP Dr. Kariadi, Semarang ini, maka pihak rumah sakit akan lebih gencar melakukan kampanye kepada para penasun melalui berbagai media informasi.” ungkap Aris Catur.

Menurut Aris Catur kampanye akses PTRM ini akan segera dilaksanakan pada April mendatang.

Selain penggunaan buprenorfin merek subutex, minimnya penasun yang mengakses layanan PTRM ini disebabkan makin menurunnya jumlah pengguna napza heroin atau putaw di Semarang.

“Minimnya penasun yang mengakses layanan PTRM mungkin juga disebabkan oleh jumlah pengguna putaw yang lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna napza lain seperti shabu ataupun ganja,” ungkap Munce salah seorang petugas penjangkau dari Performa, komunitas advokasi pengguna napza, Semarang.

Apa yang diungkapkan Munce ini diamini oleh Dr. Mukhlis, salah seorang pegiat terapi kejiwaan di RSUP Dr. Kariadi.

Menurut Mukhlis beralihnya para penasun ke napza lainnya, seperti shabu dan ganja yang ikut mempengaruhi berkurangannya jumlah penasun yang mau sembuh dan beralih menggunakan substitusi metadon sebagai pengganti. (Yan/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *