Kebijakan Daerah

Di Pekanbaru Terdapat 35 Outlet Kondom

kondom1

Pekanbaru – Saat ini terdapat sedikitnya 35 outlet kondom yang tersebar di beberapa lokasi strategis di Pekanbaru, Riau. Penempatan outlet kondom ini dilakukan berdasarkan hasil survey yang dilakukan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru.

“Outlet tersebut terlebih dahulu di survei oleh sejumlah LSM mengenai potensi penyebaran AIDS. Baru kemudian ditetapkan daerah tersebut sebagai outlet kondom,” papar Dede Hermania, staf Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru, di Pekanbaru, Rabu (26/5) siang.

Menurut Dede Hermania, beberapa tempat tersebut antara lain penginapan, warung kopi maupun pangkalan truk yang dijadikan outlet kondom.

“Pada tahun sebelumnya, hanya terdapat 22 outlet kondom, namun pada 2010 ini meningkat menjadi 35. Hal ini berdasarkan tingginya potensi penyebaran HIV/AIDS di Pekanbaru,” terang Dede Hermania.

Menurut Dede Hermania, kondom tersebut tidak diperjualbelikan. Namun untuk warga yang mampu dikenaan biaya Rp500, itu pun jika mereka ingin membelinya. Sasaran utamanya adalah para Pekerja Seks Komersial (PSK) dan kaum lelaki hidung belang.

“Setiap pekan di Pekanbaru, setiap outlet rata-rata menghabiskan hingga mencapai 30 kondom. Jadi kira-kira dalam sebulan menghabiskan skeitar 4.200 kondom baik yang untuk perempuan dan laki-laki,” imbuh Dede.

Adapun kondom yang dibagikan secara cuma cuma ini merupakan bantuan dari Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), yang diberikan pada KPA di setiap Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.(Ant)