Berita Nasional

Di Mamuju Ditemukan Delapan Warga Terinfeksi HIV/AIDS

logo aidsMamuju – Komisi penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), menemukan sekitar delapan warga yang dinyatakan positif terinfeksi HIV/AIDS.

Kepala Pengelola Program KPA Kabupaten Mamuju, Darmawi di Mamuju, Minggu (5/4), mengatakan, dalam kegiatan test darah yang dilakukan melalui program sistem Volunter Conseling Testin (VCT) ditemukan delapan orang dinyatakan positif tertular HIV/AIDS.
Ia mengatakan, layanan program VCT tersebut, dilakukan secara terpadu dengan melibatkan unsur pemerintah terkait yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamuju, Dinas Sosial Kabupaten Mamuju.

“Dalam program VCT tersebut, diturunkan lima orang petugas diantaranya satu dokter kemudian dua konselir dan dua orang lainnya petugas laboratorium, untuk melakukan penyelidikan yang dilakukan selama satu hari, hasilnya ditemukan delapan penderita positif ,”katanya.

Menurut dia, dari delapan orang warga yang ditemukan positif terinfeksi penyakit mematikan tersebut di antaranya berlatar belakang waria dan pekerja seks komersial (PSK).

“Temuan ini sangat mengejutkan petugas VCT karena tidak disangka sebelumnya, setelah dilakukan penyelidikan secara mobile dipemukiman yang menjadi populasi waria dan PSK di Mamuju,” katanya.

Ia mengatakan, penderita HIV/AIDS tersebut akan dilakukan penanganan oleh pemerintah setempat melalui Dinkes Mamuju.

Sementara kata dia, pihaknya akan melakukan upaya untuk mengantisipasi penularan HIV/AIDS di Mamuju ini dengan melakukan pembagian kondom gratis serta melakukan pembinaan komunitas di kalangan waria dan PSK yang ada di wilayah itu.(Ant)