Advokasi Kebijakan Daerah

Di Kulon Progo, Polisi Beri Rekomendasi Agar Pecandu Direhab

POLRI

Kulon Progo – Penanganan pecandu di Jogjakarta sudah setaraf lebih maju dibandingkan daerah lain di Indonesia. Di Kabupaten Kulon Progo misalnya, pihak kepolisian memberikan rekomendasi agar pecandu segera direhabilitasi.

Kepala Satuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Kulon Progo AKP Sumino, mengatakan dalam penanganan pecandu narkoba di Kulon Progo, pihaknya memberikan rekomendasi untuk dilakukan rehabilitasi dan diizinkan menggunakan narkoba sesuai dengan resep dokter, serta dalam pengawasan rumah sakit yang bersangkutan.

“Selain memberikan rekomendasi untuk dilakukan rehabilitasi, bagi pecandu berat dan butuh penanganan, yang bersangkutan dikirim ke Rumah Sakit Gracia atau Permadisiwi,” ungkap AKP Sumino kepada wartawan di Wates, Jum’at (10/12).

Di rumah sakit ini, menurut Sumino para pecandu narkoba ditangani lebih lanjut dan secara khusus, sehingga tidak kecanduan lagi.

Sementara itu, salah seorang petugas dari Dinas Kesehatan Kulon Progo Paryanto mengatakan pencegahan dan penanganan masalah narkoba menjadi tanggung jawab semua pihak, baik masyarakat, kepolisian serta pemerintah.

“Masalah narkoba adalah masalah bersama, dan masyarakat pun bertanggung jawab ikut mencegah peredaran narkoba,” katanya.(Ant)