Berita Lembaga Berita Nasional

Deteksi Dini Narkoba, BNNP Jateng Tes Urin Siswa di Semarang

Tes Urine

Semarang – Untuk mendeteksi penggunaan narkoba sejak dini, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah mengadakan program tes urin bagi pelajar setingkat SMA dan mahasiswa di wilayah Semarang.

“Rencananya tahun ini kami akan melakukan kegiatan tes urin di 15 sekolah setingkat SMA dan 15 universitas,” ujar Kharis Fachruddin, staf BNNP Jateng kepada NapzaIndonesia.com saat kegiatan tes urin siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Semarang, Kamis (14/6).Kegiatan ini disambut positif pihak sekolah. Wakil Kepala SMK 1, Hasti Murningsih menyatakan bahwa dengan mendeteksi sejak dini siswa yang menggunakan narkoba, maka dapat lebih cepat mengambil tindakan yang diperlukan.

“Saya pribadi optimis jika di sekolah kami tidak ada siswa yang menggunakan narkoba. Rata-rata siswa disini dari kalangan ekonomi menengah kebawah, jadi tidak berpikir untuk membeli narkoba,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada para siswa jangan sampai mencoba atau berpikir untuk membeli narkoba, karena menurutnya jika sudah mulai mencoba maka ada kemungkinan mereka menjadi kecanduan.

Menurut pendapat Hasti, masyarakat juga harus ikut memikirkan bagaimana mengatasi masalah narkoba. Jika ada siswanya yang diketahui menggunakan narkoba, ia menyatakan bahwa pihak sekolah akan mengembalikan tanggung jawab kepada wali murid.

“Jika sudah selesai masa pengobatannya, akan diterima kembali di sekolah kami,” terangnya. (Kos/IH)